WA 0812 1939 1948

BB D2F80FA7

Cara Memulai Usaha dengan Tingkat Keberhasilan Tinggi

cara,memulai,usaha

Cara Memulai Usaha Dengan Tingkat Keberhasilan Tinggi

 

Banyak orang ingin memiliki usaha sendiri tapi masih takut memulai karena belum tau cara memulai usaha yang benar agar hasilnya sesuai yang diharapkan.

 

Jika yang ingin Anda bangun adalah usaha yang nantinya bisa berjalan sendiri tanpa diurusin, hal pertama yang harus dipahami adalah usaha sangat kompleks, banyak hal yang harus diperhatikan dan di setting agar berjalan otomatis. Harus disadari bahwa dunia terus berubah sehingga tidak boleh kaku ketika memutuskan jadi pengusaha. Cara memulai usaha pun harus memperhitungkan banyak hal jika Anda ingin cepat berhasil.

 

Saat mau memulai usaha Anda harus terbebas dari Virus Sok Tau

Banyak yang gagal dalam berbisnis karena selalu merasa sudah tau segalanya, sehingga menganggap semua hal itu mudah. Faktanya setelah dijalankan bisnis sulit berkembang. Parahnya lagi sifat sok tau ini bisa membuat Anda tidak mau menerima informasi atau masukan dari orang lain yang mungkin lebih memahami bisnis tersebut.

Ingat… Bisnis sangat kompleks dan semua faktor penggeraknya terus berubah. Cara memulai usaha di tempat A memberikan hasil yang luar biasa, belum tentu cara memulai usaha yang sama bisa berhasil ketika Anda membuka usaha di lokasi B. Meski jenis bisnisnya sama, disana ada banyak faktor lain yang mungkin berbeda antara kedua lokasi tersebut, diantaranya pesaing atau kompetitor, tradisi setempat, segmen market yang berbeda, kondisi cuaca yang berbeda, aturan setempat yang berbeda, serta banyak lagi hal yang harus dipertimbangkan.

Modal Yang Cukup akan memudahkan Anda menjalankan rencana bisnis

Modal dalam hal ini tidak hanya uang, tapi juga customer base, kepercayaan, pengalaman, pengetahuan, taktik, dan strategi. Khusus dalam hal uang, jika itu adalah usaha pertama Anda sebaiknya modal yang diputar maksimal 70 % dari modal yang dimiliki. Karena pasti ada hal tak terduga yang nantinya akan membutuhkan biaya. Karenanya cara memulai usaha yang benar juga memperhitungkan modal yang disiapkan, agar action plan bisa dilaksanakan tanpa adanya penundaan.

Usaha yang akan dibuka harus ada marketnya

Saat di pikiran Anda sudah terbesit ide untuk memulai usaha tertentu, maka Anda harus perhatikan dulu market nya. Apakah usaha yang akan Anda buka ada yang membutuhkan atau tidak? Jangan hanya membuka usaha karena hobi, karena jika tidak ada marketnya produk atau jasa yang Anda jual tidak ada pembelinya. Karena itu cara memulai usaha yang benar adalah dengan mengetahui seluas apa market dari usaha yang akan dibuka dan dipelajari bagaimana cara berkomunikasi dengan calon pembeli agar produk atau jasa yang akan dijual cepat dikenal dan familier di mata pembeli.

Usaha yang menguntungkan

Jika tujuan Anda berbisnis, pastikan usaha yang akan Anda buka bisa memberikan keuntungan buat Anda. Bukan hanya sekedar kebanggaan punya usaha, tapi harus menghasilkan. Karena hasil usaha itulah yang akan membuat usaha Anda bisa terus berjalan. Artinya cara memulai usaha yang benar harus melihat potensi keuntungan dan tau darimana keuntungan itu didapatkan.

 

Tentukan segmen market yang akan jadi target utama

Cara komunikasi massa berbeda untuk masing-masing segmen market. Secara kasar segmen market bisa dibedakan menjadi 3, kelas bawah, menengah, dan atas. Ketiga market tersebut memiliki karakteristik dan tipe komunikasi yang berbeda. Dan seringkali ketiganya tidak bisa dicampur menjadi satu. Anda yang harus menentukansegmen mana yang akan dijadikan target utama. Karena hal ini berkaitan dengan desain tempat, teknik pemasaran, pelayanan, dan operasional usaha Anda. Artinya cara memulai usaha yang benar sudah memperhitungkan cara meraih target market sehingga saat mulai dibuka usaha Anda bisa langsung mendapat respon positif dari market.

 

Seberapa cepat pembeli lama melakukan pembelian lagi

Anda harus pelajari pola repeat order agar bisa menargetkan penjualan yang terus bisa ditingkatkan. Makin cepat pembeli lama melakukan repeat order makin mudah bagi Anda untuk berkembang. Jika potensi repeat ordernya kecil, lakukan sesuatu agar pembeli lama bisa lebih cepat datang membeli lagi. Misalkan dengan diversivikasi produk, dengan program promo, dengan informasi produk via bbm, via sms, atau media lain. Cara memulai usaha yang bagus harus merencanakan target penjualan dengan memperhatikan repeat order dari pembeli lama dan selalu menciptakan pembeli baru.

 

Jasa / Produk yang dibutuhkan dan disukai pasar

Anda harus menyesuaikan dengan trend pasar, produk / jasa harus searah dengan keinginan pasar. Jika kompetitor masih sedikit, maka kebutuhan pasar yang akan mendorong produk / jasa Anda laku. Tapi jika kompetisi sudah mulai ketat, dibutuhkan saja belum cukup, Anda harus juga disukai pasar. Misalkan dengan memberikan sesuatu yang spesial yang menjadi pembeda antara Anda dan kompetitor. Cara memulai usaha yang benar sudah mempelajari berbagai produk / jasa sejenis yang bermain di segmen yang sama, sehingga bisa menyiasati kompetisi di saat terjun di dunia usaha yang makin ketat persaingannya.

 

Manusia cepat bosan dan suka mencari variasi

Sudah menjadi kebutuhan manusia untuk mendapatkan sesuatu yang tidak selamanya sama. Anda harus memikirkan variasi produk, variasi suasana, variasi pelayanan, dan juga variasi sensasi untuk membuat pembeli tidak merasa bosan. Misalkan Anda jualan roti, isinya bisa divariasikan dari strawberry, srikaya, coklat, keju, dll. Cara memulai usaha yang sudah memikirkan variasi dan inovasi produk ini lebih mudah dan cepat dikenal oleh pasar.

 

Fokus Membuat Cashflow positif

Setelah 6 bulan pertama usahakan cashflow sudah bisa positif, yang artinya usaha sudah bisa membiayai dirinya sendiri. Fokus ke pemasaran untuk menjual lebih banyak produk yang memiliki margin profit tertinggi. Evaluasi produk yang menyumbang profit sedikit. Pikirkan cara agar produk tersebut menyumbang profit lebih besar agar bisa dipertahankan. Cara memulai usaha yang benar harus selalu memperhatikan cashflow usaha, karena cashflow ini menjadi acuan pelaksanaan action plan agar usaha berjalan sesuai dengan rencana Anda.

 

Fokus pada penjualan

Banyak produk yang susah berkembang karena ownernya salah berfokus. Fokuslah pada yang menghasilkan terlebih dahulu, karena untuk menjalankan usaha Anda membutuhkan hasil. Jika hasil diperoleh dari adanya penjualan, maka fokuslah ke penjualan. Cara memulai usaha yang benar selalu fokus pada hal yang menghasilkan terlebih dahulu.

 

Posisi tempat usaha

Sebisa mungkin cari posisi yang strategis agar menunjang operasional usaha Anda. Perhatikan traffic atau lalu lintas orang yang bisa jadi target market. Pikirkan cara menarik orang dari traffic tersebut untuk membeli produk kita. Jika saat Anda survey lokasi ternyata tempatnya sepi, maka Anda akan membutuhkan perjuangan lebih untuk menarik orang datang. Tapi jika di lokasi usaha tersebut banyak lalu lintas orang, maka perjuangan Anda jauh lebih mudah. Cara memulai usaha yang benar harus memperhatikan posisi tempat usaha

 

Saat Anda mau mulai usaha, pikirkan bagaimana cara mengontrol usaha tersebut

Banyak usaha yang gagal karena pemiliknya tidak pernah memikirkan bagaimana cara mengontrol usaha agar pertumbuhannya bisa sesuai dengan yang diharapkan. Bahkan banyak diantaranya yang terpaksa ditutup oleh pemiliknya lantaran tidak terkontrol dan laporannya rugi terus menerus. Cara memulai usaha yang benar sudah harus memikirkan cara mengontrol usaha, karena nantinya usaha akan dijalankan oleh karyawan Anda.

 

 

 

 

Pencarian dari Google :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: