WA 0812 1939 1948

BB D2F80FA7

Strategi Pemasaran Keluar dari Perang Harga | Pelatihan Bisnis 2016

Cara Cerdas Keluar dari Perang Harga yang Banyak Mematikan Pengusaha

Cara Cerdas Keluar dari Perang Harga yang Banyak Mematikan Pengusaha

 

Persaingan Bisnis Pasti Akan Terjadi

 

Saat Anda sudah terjun ke dunia bisnis, adanya gesekan dengan pesaing atau kompetitor pasti akan terjadi. Meskipun Anda yang pertama pasti akan ada pesaing yang meniru dengan produk yang mirip dan menyasar market yang sama. Tak jarang terjadi perang harga dengan beberapa kompetitor.

Jangan terlalu sibuk memikirkan apa yang sedang pesaing usaha Anda lakukan, karena itu melelahkan, membuang waktu dan memalukan. Kalaupun ada hal yang perlu Anda tau dari pesaing Anda hanyalah keunggulan dan kelemahannya. Itu yang akan menjadi pintu keluar dari persaingan harga jika nanti terjadi.
Lakukan pendekatan yang dua arah dengan konsumen Anda. Buat mereka merasa Anda layani dengan baik, beri mereka rasa memiliki pada usaha Anda. misal dengan menanyakan apakah produk Anda sudah memuaskan pelanggan, apa yang perlu Anda perbaiki dari layanan Anda. Cara ini akan membuat customer merasa Anda peduli dengan kebutuhan Anda dan akhirnya ada perbaikan dalam pelayanan Anda.

 

Strategi Pemasaran yang bagus akan membuat Anda bisa bertahan, bahkan memenangkan persaingan tanpa harus menjual dengan harga diskon.

 

Strategi bisnis menghadapi pesaing bisnis berikut ini bisa Anda coba

 

1.Strategi Menyerang

Strategi klasik ini masih sering dipakai para pebisnis toko kelontong terutama yang baru merintis. Strategi ini menerapkan harga yang murah terutama sembako dan tentu saja lebih murah dari pesaingnya. Melayani pesaing dengan perang harga bisa Anda lakukan jika memiliki cadangan modal usaha yang besar. Akan tetapi harus disadari hal ini akan mengurangi profit yang Anda dapatkan nanti. Ingat… Anda berbisnis cari profit, bukan hanya asal laku.
2. Strategi Bertahan

Anda tetap merespon serangan dari pesaing hanya saja tidak secara terang-terangan. Anda bisa menerapkan harga tanggung diatas harga pesaing atau mendekati harga pesaing. Karena banyak pembeli yang tidak mau repot dan tidak ambil pusing dengan selisih harga yang tidak terlalu besar.
3. Cari Kekurangan Pesaing manfaatkan sebagai kelebihan Anda

Manfaatkan kekurangan pesaing untuk menggaet pembeli misalnya barang apa yang tidak ada?Pelayanan apa yang tidak ada? selain itu anda juga bisa menggunakan peralatan yang bisa meningkatkan kepercayaan pembeli kepada toko anda misalnya Kalkulator yang bisa print,Timbangan Digital, kalau perlu menggunakan software Kasir.
4. Menigkatkan Kualitas Pelayanan

Berikan pelayanan yang terbaik kepada pembeli anda terutama pelanggan dari cara melayani,cara menghitung, cara membungkus, layanan purna jual/garansi, layanan antar, pesan barang dan belanja lewat telephone. Cara ini terbukti bisa mempertahankan pelanggan.
5. Diversifikasi usaha.

Anda bisa menjual produk baru yang jadi pelengkap di usaha Anda. Diversifikasi produk ini bisa membuat Anda memiliki produk baru yang lepas dari perang harga.

6. Strategi Bundling

Anda bisa menjual dengan membuat paket-paket penjualan sehingga produk Anda akan lebih cepat habis terjual.
7. Keluar dari Persaingan Harga

Anda bisa memtuskan untuk tetap menjual dengan harga normal dan tetap menjaga margin profit agar keuntungan tidak menurun.

 

Tidak Melayani Pesaing untuk Perang Harga

Persaingan kadang tidak selalu harus Anda hadapi. Ada kalanya dalam kondisi tertentu, Anda harus keluar dari persaingan. Keluar dari persaingan bukan berarti menutup bisnis Anda. Keluar persaingan bisa berarti Anda mencari ceruk pasar baru, membuat produk baru, inovasi, dll

 

Fokus Kepada Kelebihan

Jika selama ini bisnis Anda sudah berjalan, artinya bisnis atau produk Anda memiliki keunggulan. Buktinya ada yang beli. Dalammenghadapi sengitnya persaingan, Anda harus fokus pada keunggulan bisnis atau produk Anda. Jika misalnya keunggulan bisnis Anda terletak pada kualitas produk, maka pertahankan kualitas tersebut. Lebih baik lagi tingkatkan kualitas produk Anda. Dan dalam setiap promosi, tonjolkan saja keunggulan produk Anda tadi. Contoh lagi, kalau keunggulan Anda terletak pada kecepatan pelayanan, maka keunggulan inilah yang harus Anda pertahankan dan tingkatkan

Manfaatkan Kelemahan Pesaing

Tahukah Anda apa kelemahan pesaing Anda saat ini ? Jika sudah tahu, mengapa Anda tidak menggunakan kelemahan pesaing Anda untuk kesuksesan bisnis Anda sendiri ? Sediakan untuk customer Anda apa yang tidak disediakan pesaing. Berikan customer Anda apa yang tidak diberikan pesaing Anda.

 

Strategi Bisnis Keluar dari Perang Harga | Strategi Pemasaran dengan teknik NLP untuk meningkatkan Closing Rate

 

Kadang dinamika bisnis memaksa kita untuk melakukan banting harga habis2an agar produk laku keras. Padahal hal ini mengakibatkan profit tergerus hingga makin tipis.

Tidak jarang juga ada kompetitor ngajakin perang harga dan kita melayaninya dengan penuh semangat. Hingga kadang sampai terbawa emosi bahkan rugi pun masih terus banting harga.

Bagaimana menyikapi hal ini agar bisnis tetap aman terkendali dan jualan tetap laris manis?

Bagaimana caranya agar kita bisa lepas dari perang harga yang bisa membuat bisnis makin ruwet?

Salah satu strategi pemasaran yang ampuh adalah dengan meingkatkan pelayanan dan juga kedekatan emosional dengan customer. Karena emosi jauh lebih kuat daripada logika.

 

Strategi Pemasaran Berbasis NLP untuk Meningkatkan Penjualan Tanpa Menurunkan Harga

Menggunakan persuasif Emosi sehingga customer akan merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan.

 

Emosi Lebih Berpengaruh daripada Logika | Keluar dari Perang Harga

 

Hampir semua barang yang kita beli adalah karena alasan emosi, bukan logika…

Coba Anda cari barang apa yang Anda beli karena logika ?

 

Mayoritas yang terjadi adalah EMOSI memutuskan, logika mencari pembenarannya.

Artinya kalau Anda bisa pengaruhi emosi calon customer, maka logika nya akan menurut… mengikuti emosi dan mencari rasionalisasi agar seakan-akan memang logis, padahal kalau mau ditelusuri lebih dalam alasan pembeliannya adalah emosi yang memutuskan.

 

strategi,marketing,emosi,lebih berpengaruh,daripada,logika

Strategi Marketing Emosi Lebih Berpengaruh daripada Logika

 

Bekali diri dengan ilmu NLP (Neuro Linguistik Programming)

 

Jualan adalah kunci pertama agar bisnis bisa berjalan. Artinya harus sangat diperhatikan jika serius mau mengembangkan bisnis.

Dalam pemahaman praktis ada 2 hal yang terkait dengan jualan. Yaitu banyaknya prospect dan prosentase closing dari prospect tersebut. Terkait dengan hal tersebut strategi pemasaran berbasis NLP akan sangat membantu meningkatkan penjualan.

 

Mayoritas pemilik bisnis hanya menggunakan persuasif logika saja, padahal ada hal lain yang jauh lebih berpengaruh dalam kehidupan kita, yaitu emosi. Emosi menguasai sekitar 88 % kehidupan manusia sedangkan logika hanya 12 % saja. Artinya kalau selama ini baru bermain di logika, pengaruhnya hanya 12 % saja. Akan jauh lebih dahsyat jika menggunakan persuasif emosi dibarengi dengan logika. Artinya 100 % diri calon customer benar-benar berusaha dipengaruhi.

 

Dengan lebih masuk ke persuasif emosi, hasil yang didapatkan akan meningkat secara significant

 

Sebagai contoh sebuah tim sales yang belum paham persuasif emosi hanya menjual berdasarkan logika, misalkan memainkan harga. Saat ketemu 10 orang ternyata yang mau beli hanya 2 orang. Tapi setelah mereka gunakan teknik persuasif emosi dengan berbasis pada NLP ternyata tingkat closingnya naik, yang tadinya hanya 20 % ternyata bisa meningkat sampai 50 %. Artinya ketemu 10 orang yang 5 orang bisa closing.

Bekali tim sales dengan ilmu ini agar tidak perlu melayani perang harga dan tetap jual dengan harga normal.

Pencarian dari Google :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: