WA 0812 1939 1948

BB D2F80FA7

Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Omset dan Profit | Pelatihan Bisnis 2016

strategi,bisnis,meningkatan,profit

Strategi Bisnis Meningkatkan Profit

Permasalahan Strategi Bisnis yang sering terjadi pada pengusaha

Mungkin Anda pernah dipusingkan dengan kondisi berikut ini :

Omset yang terus menurun padahal biaya promo meningkat

Profit terus menurun meski Omset naik

Dana cash terus menipis meski omset meningkat

Operasional terus berjalan meski omset menurun

 

STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN OMSET DAN PROFIT

Banyak orang berpikir untuk meningkatkan profit hanya dengan meningkatkan penjualan atau menurunkan biaya operasional saja, tapi ternyata tidak semudah itu. Ada faktor-faktor lain yang juga harus diperhatikan.

Strategi 1 : Menghilangkan Pemborosan Kerja Yang Tidak Produktif

Kenapa terjadi pemborosan? Seringkali ini terjadi karena proses ataupun sistem yang tidak sempurna. Dan ternyata biaya pemborosan yang dikeluarkan, meskipun jumlahnya kecil tapi jika ditotal bisa jadi banyak karena pemborosan terjadi dimana-mana. Makin tinggi omset makin tinggi juga pemborosannya.

Jika pemborosan bisa diminimalkan, maka tujuan kita untuk meningkatkan omset dan profit akan makin mudah tercapai.

Strategi 2 : Meningkatkan Penjualan dengan Memperpendek Proses Mendapatkan Lead/Prospek

Pangjangnya proses untuk penjualan juga menjadi salah satu pemborosan operasional yang sering terjadi di dalam perusahaan. Seringkali daftar antrian sudah banyak tapi masih harus melalui proses yang memakan waktu cukup lama. Jika waktu proses bisa diperpendek, maka volume penjualan dalam satu bulan akan bisa meningkat.

STRATEGI 3 : EVALUASI ARUS KAS PERUSAHAAN

Piutang yang tidak terkendali akan menyebabkan kas perusahaan menipis. Semakin besar penjualan akan semakin menipis kas perusahaan, karena pembayaran baru masuk setelah periode tertentu. Untuk itu harus diatur kombinasi antara cash based bisnis dan juga pembayaran dengan tenggang waktu, agar perusahaan tidak kehabisan cash dalam operasionalnya.

Strategi 4 : Standarisasi penjualan

Tidak adanya standarisasi tim penjualan membuat penjualan akan naik turun tidak terkendali. Untuk itu perlu dilakukan standarisasi penjualan. Meningkatkan omset dan profit akan mudah dikontrol ketika standar sudah ditentukan.

STRATEGI 5 : MENJAGA MARGIN PROFIT

Jangan sepelekan Margin Profit karena hal inilah yang menentuan besaran keuntungan yang kita raih. Terkadang perusahaan memberikan promo besar-besaran sehingga Margin Profit jadi semakin tipis, padahal operasional meningkat.

STRATEGI 6 : MENGUKUR KINERJA SETIAP KARYAWAN

Kinerja setiap individu harus diukur agar kita bisa mengetahui karyawan mana yang bekerja tidak maksimal. Jika setiap individu melakukan tugas dengan maksimal, maka target perusahaan akan tercapai.

STRATEGI 7 : PENGEMBANGAN SDM

Perusahaan yang bisa terus berkembang adalah perusahaan yang memperhatikan pengetahuan dan skill karyawannya. Jika SDM dibuat semakin pintar, maka efisiensi biaya dan efektifitas kinerja akan mudah tercapai.

 

 

 

Pencarian dari Google :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: